• Web
  • psikucluk
  • AddThis

    Share |

    Sabtu, 06 Februari 2010

    Perkembangan Fisik Masa Kanak-Kanak Awal

    Selama masa kanak-kanak awal, pertumbuhan fisik berlangsung lambat dibandingkan dengan tingkat pertumbuhan selama masa bayi. Meskipun selama masa kanak-kanak pertumbuhan fisik mengalami perlambatan, namun ketrampilan-ketrampilan motorik kasar dan motorik halus berkembang dengan pesat. 

    A.    Tinggi & Berat
    Selama masa kanak-kanak awal, tinggi rata-rata anak bertumbuh 2,5 inci dan berat bertambah antara 2,5 hingga 3,5 kg setiap tahunnya. Pada usia 3 tahun, tinggi anak sekitar 38 inci dan beratnay sekitar 16,5 kg. Pada usia 5 tahun, tinggi anak mencapai 43,6 inci dan beratnya 21,5 kg. Ketika anak usia pra sekolah bertumbuh semakin besar, persentase pertumbuhan dalam tinggi dan berat berkurang setiap tahun. Selama masa ini baik laki-laki maupun perempuan terlihat makin langsing, sementara batang tubuh mereka makin panjang.



    B.    Perkembangan Otak
    Pertumbuhan otak pada masa kanak-kanak tidak sepesat pertumbuhan otak pada masa bayi. Pada saat bayi mencapai usia 2 tahun, ukuran otaknya rata-rata 75% dari otak orang dewasa, dan pada usia 5 tahun, ukuran otaknya mencapai sekitar 90% otak orang dewasa (Yeterian & Pandya, 1988).
    Pertumbuhan otak selama awal masa kanak-kanak disebabkan oleh pertambahan jumlah dan ukuran urat saraf yang berujung di dalam dan di antara daerah-daerah otak. Beberapa pertambahan ukuran otak juga disebabkan oleh pertambahan myelination, yaitu suatu proses dimana sel-sel urat saraf ditutup dan disekat dengan suatu lapisan sel-sel lemak. Proses ini berdampak terhadap peningkatan kecepatan informasi yang berjalan melalui sistem urat saraf. Beberapa ahli psikologi perkembangan percaya bahwa myelination adalah penting dalam pematangan sejumlah kemampuan kanak-kanak.

    C.    Perkembangan Motorik
    Keterampilan motorik pada anak-anak dapat terbagi menjadi keterampilan motorik visual dan keterampilan motorik anggota badan. Seorang anak harus mampu menunjukkan terkoordinasi dengan baik gerakan tangan, kaki dan mata.  Sedangkan dalam beberapa redaksi ada yang menyebutkan, bahwa perkembangan fisik pada masa kanak-kanak ditandai dengan berkembangnya ketrampilan motorik, baik halus maupun kasar. Secara singkat mengenai perkembangan motorik pada masa kanak-kanak awaladalah sebagai berikut:

    • Usia 2,5 – 3,5 tahun perkembangan motorik kasarnya adalah berjalan dengan baik, berlari lurus kedepan, dan melompat. Sedangkan untuk perkembangan motorik halusnya adalah meniru sebuah lingkaran, tulisan cakar ayam, dapat makan menggunakan sendok, dan menyusun beberapa kotak
    • Usia 3,5 – 4,5 tahun perkembangan motorik kasarnya adalah berjalan dengan 80% langkah orang dewasa, berlari 1/3 kecepatan orang dewasa, melempar dan menangkap bola besar, tetapi lengan masih kaku. Sedangkan untuk perkembangan motorik halusnya adalah mengancingkan baju, meniru bentuk sederhana, dan membuat gambar sederhana.
    • Usia 4,5 – 5,5 tahun perkembangan motorik kasarnya adalah menyeimbangkan badan di atas satu kaki, berlari jauh tanpa jatuh, dan dapat berenang dalam air yang dangkal. Sedangkan untuk perkembangan motorik halusnya adalah menggunting, menggambar orang, meniru angka dan huruf sederhana, dan membuat suasana yang kompleks dengan kotak-kotak


      

    1 komentar:

    sisteria mengatakan...

    wah.....akasih nih infonya...
    membantu...
    pas lagi mid semster...thanks ya...

    Poskan Komentar

    Ngobrol bo...


    ShoutMix chat widget