• Web
  • psikucluk
  • AddThis

    Share |

    Kamis, 18 Februari 2010

    Jalan Menuju Cinta Allah yang Penuh Dengan Tantangan

    Seringnya manusia melakukan sesuatu tanpa berpikir lebih jauh apakah yang dia lakukan itu baik atau tidak. Banyak sekali manusia yang terjebak dalam kebenaran dimata manusia tanpa melihat kebenaran dalam kaca mata hukum agama. Karena menurut khalayak banyak orang lebih mudah menjalankan hukum adat daripada huku agama. Hukum adat berdasarkan kaca mata manusia.

    Semua perbuatan manusia itu bersumber pada keinginan yang ada pada mereke, jika mereke ingin maka mereka lakukan tanpa melihat apakah memiliki dampak yang baik bagi dirinya dan orang lain. Semua keinginan itu bersumber pada hawa nafsu manusia.

    Problema yang muncul sekarang ini adalah banyak orang yang tidak memahami tentang hawa nafsu. Sehingga banyak yang terjerumus dalam hal-hal yang menyangkut hawa nafsu. Di sisi lain banyak anggota masyarakat yang tidak mau tahu dengan dosa dari akibat hawa nafsu.

    Untuk menghindari hawa nafsu kita harus lebih mendekatkan diri kepada Allah dengan melakukan seperti; sholat, zikir, puasa, dan segala macam yang dapat menghindarkan kita dari keburukan hawa nafsu.

    Adapun firman Allah yang menjelaskan tentang bagaimana itu hawa nafsu, sasaran dan akibatnya. Oleh karena itu, Allah sangat melarang manusia untuk mengikuti hawa nafsu yang buruk dan menganjurkan kita untuk bertaubat apabila sudah terjerumus dalam kemaksiatan.

    Apa sebenarnya hawa nafsu itu? Apakah hawa nafsu menjadi  pengukur manusia layak menerima surga atau neraka? Apakah ada nafsu yang mendorong manusia untuk selelu melakukan kebaikan atau keburukan dalam bertingkah laku?

    Dalam makalah yang akan kami beri judul “Jalan Menuju Cinta Allah yang Penuh Dengan Tantangan” akan dibahas semua hal yang berkaitan dengan tantangan menuju cinta-Nya.
     

    Senin, 08 Februari 2010

    Mempercepat Kinerja Internet

    SPEED UP YOUR INTERNET


    Modem booster, sebuah software mampu meningkatkan kecepatan browsing anada hingga 300%. software ini didesain untuk :
    Boost your Internet Speed!
    Slow connection hindering your enjoyment of the Internet? Enhance your internet connection and Boosts your Internet speed up to 300% with Modem Booster's proprietary PING technology!
    Works on All Internet Connections!
    Modem Booster now works on all Internet connections, even high speed internet access connections! Dial-up, DSL, ADSL, Cable modem speeds can all be improved with this Internet accelerator!
    Max Out your Modem Speed!
    Modem Booster tests your Internet speed settings systematically by running a series of diagnostic tests to see how much room there is for improvement, then determines the best settings for improved performance!
    Tweak Hidden Internet Settings!
    This accelerator download tweaks and optimizes your hidden Windows settings safely for greater Internet speeds!


    antivirus

     

    Complete antivirus software for free

    avast! antivirus Home Edition represents the best FREE antivirus protection currently available on the market. This edition is FREE OF CHARGE for non-commercial & home use only
    Features overview
    1. Anti-spyware built-in Web Shield
    2. Anti-rootkit built-in Automatic updates
    3. Strong self-protection Virus Chest
    4. Antivirus kernel System integration
    5. Simple User Interface Integrated Virus Cleaner
    6. Resident protection Support for 64-bit Windows
    7. P2P and IM Shields Internationalization
    8. Network Shield
    avast! Home Edition All-inclusive and comprehensive protection FREE avast! antivirus Home Edition includes ANTI-SPYWARE protection, certified by the West Coast Labs Checkmark process, and ANTI-ROOTKIT detection based on the best-in class GMER technology. No additional purchase is required.

    Simple to use and automated Daily automatic updates ensure continuous data protection against all types of malware and spyware. Simply install and forget. We've made avast! as simple to use as possible.
    Tried and Trusted With over 70 million users of avast!, you can rest assured that you are using one of the most tried and trusted products in Windows security. We support more Windows versions (from Windows 95 to Vista 64bit) than any other anti-malware product. No matter what system you have, avast! has it covered.


    Multilingual avast! Home Edition is offered in over 30 language versions. DOWNLOAD here , complete registration to get activation key. IT’s 100% FREE.

    Minggu, 07 Februari 2010

    Islam, Penghambat Bagi Usaha-Usaha Modernisasi Atau Tidak

    Adanya pandangan bahwa Islam menghambat atau sekurang-kurangnya memperlambat proses modernisasi dalam lapangan hidup umatnya tak dpat disangkal lagi. Pandangan demikian berdasarkan atas hal-hal berikut: 
    1. Islam sebagaimana halnya agama-agama lain, bersifat dogmatis.
    2. Ajaran-ajaran Islam tidak hanya mengurus soal keakhiratan tetapi juga mengurus soal hidup kemasyarakatan umatnya.
    Oleh karena itu Islam bersifat tradisional dan berpandangan sempit. Hal ini tidak dapat berjalan sejajar, tetapi sebaliknya yaitu bertentangan dengan modernisasi. Pandangan ini dapat dilihat dari contoh berikut:
    Anjing dalam ajaran Islam diharamkan dan najis. Maka tak jarang timbul pertanyaan dalam pikiran masyarakat. Apa sebabnya anjing dihramkan dalam Islam sedangkan sedangkan anjing memiliki banyak faedah diantaranya adalah untuk menjaga keamanan. Bukankah pandangan ini dianggap menghambat suatu upaya untuk meningkatkan keamanan dan untuk mengatasi soal-soal kejahatan?
    Dari contoh ini ada hal yang lebih penting lagi yaitu hal yang berkaitan dengan bunga atau interest dalam sistem perbankan. Dalam pandangan al-Qur’an bungan dan interest dipandang haram, karena bunga dan interest dipandang sebagai riba. Dengan demikian sistem perbankan yang demikian dipandang sebagai unsur yang diharamkan dalam Islam. Maka secara tidak langsung Islam telah memperlambat modernisasi bahkan bisa dikatakan menolak unsur modernisasi yang ingin dibangun dalam suatu sistem.
    Dari contoh tersebut menunjukkan bahwa pandangan keagamaan umat yang membuat Islam bersifat dogmatis dan terasa sempit, karena menghambat kemajuan dan usaha-usaha modernisasi. Tetapi apakah betul Islam bersifat demikian? Apakah umat Islam bisa membangun situasi dan kemajuan modern, kalau mereka mengindahkan ajaran-ajaran mereka?

    Software buat OS windows 7

     

    The complete solution to optimize, tweak, clean up Windows 7! A all-in-one utility to tweak, optimize, tweak, tune up and clean up your Windows 7, it bundles more than 30 different utilities in one and help your system faster and more stable, secure and personal! Windows 7 Manager is a system utility that helps you optimize, tweak, and clean up Windows 7. It will increase your system speed, improve system security, and meet all of your expectations.Windows 7 is the newest Operating System for home users and professionals alike. Windows 7 brings clarity to your world, so you can more safely and easily accomplish everyday tasks and instantly find what you want on your PC.Windows 7 Manager is the powerful software tool to tweak and optimize your Windows 7, it bundles more than 30 different utilities in one and help your system faster and more stable, secure and personal!

    Features and Benefits of Windows 7 Manager:
    • Information. Get detailed system and all hardware information on your system; show all detailed information of running processes and threads on your machine; Windows 7 Manager offers 1-clicking cleans your system automatically.
    • Optimizer.Tweak your system to improve windows startup and shutdown speed; tweak your hardware to increase system speed and performance; Optimize Task Schedule to turn off unnecessary system tasks.
    • Cleaner. Find out which files or folders engross your disk space and shown with chart; Find and clean junk files to increase Hard Disk space; Duplicate Files Finder can scan your computer for files with the same size, name and modification time; Registry Cleaner can easily checks your registry and repair incorrectly linked registry entries, automatically remove invalid entries; Registry Defrag rebuilds and re-indexs your registry to reduce application response time and registry access time.
    • Customization. Control what is started on Windows startup; tune up Windows 7 boot menu; edit context menus of mouse Right-Clicking; customize system desktop, menus, toolbar and notifications settings; automatically change your desktop wallpaper on background.
    • Security. You can improve desktop, menus, Windows logon securities, and enable numerous hidden performance options of system, disable system updates and error reports; hide and restrict to access drives, specify which applications are not allowed to be executed on your computer; encrypt/decrypt and shred files, change the location of system folders; Privacy Protector can maintain your personal privacy by eliminating the tracks that you leave behind; create lots of randomization password once.
    • Network. Optimize your Internet connection speed, manage all shares items; tweak your Internet Explorer easily.
    • Misc. Utilities. Show the collection of Windows utilities; help you find out the installation key of Windows, Office products; shutdown your PC or remind you automatically.

    Windows 7 Manager 1.1.7 Released!
    * Add IP Switcher v1.0
    * Registry Cleaner updated to v1.4
    * Context Menu Manager updated to v1.2
    * Windows Utilities updated to v2.0
    * Add some tweaks.


    Homepage - http://www.yamicsoft.com/windows7manager/index.html

    ternyata untuk menginstal software ni hanya bisa di unduh lewat homepagenya langsung
    selamat mencoba

    Motivasi Dalam Kepribadian: Teori Kebutuhan Murray

    Sumbangan terpenting Murray dalam teori maupun penelitian bagi kepribadian adalah konsepnya tentang kebutuhan untuk menjelaskan motivasi dan pengarahan terhadap tingkah laku. Sangat penting untuk dicatat bahwa konsep kebutuhan ini bukan berkembang dari introspeksi dirinya sendiri atau dari studi kasus pasien yang mengalami tritmen tetapi melalui studi intensif subjek yang normal.
    Kebutuhan, merupakan sebuah hipotesis ”suatu kejadian yang dibayangkan sebagai upaya melaporkan suatu fakta objektif dan subjektif tertentu”, hal ini didasari oleh hal fisiologis.
    Penelitian orisinil Murray mengarahkan pada daftar dari 20 kebutuhan. Sejak itu, Murray dan kolega-koleganya dan murid-muridnya menawarkan beberapa modifikasi, tetapi ke-20 kebutuhan orisinil tersebut masih mewakili kebutuhan yang terutama dalam sistemnya. 20 kebutuhan tersebut adalah :

    Gambaran Murray Mengenai SIfat Alami Manusia

     
     
    Meskipun teori kepribadian Murray setuju dengan Freud dalam berbagai poin, gambarannya terhadap sifat alami manusia cukup berbeda. Meskipun tujuan akhir dan tujuan yang penting dalam kehidupan Murray tetap dinyatakan dalam perspektif yang berbeda. Menurut Murray, tujuan akhir kita bukanlah kondisi bebas-tegangan tetapi lebih kepada kepuasan yang timbul dari proses meredakan tegangan tersebut.
     
    Menanggapi kontroversi kehendak bebas-kehendak yang diatur, Murray berpendapat bahwa kepribadian menjadi bagian yang ditentukan oleh kebutuhan dan oleh lingkungan. Ia menyetujui adanya tingkatan tertentu bagi kehendak bebas, betapapun kecilnya, dalam kemampuan kita untuk berubah dan bertumbuh. Ia melihat setiap manusia sebagai seseorang yang unik dan tidak sama antara yang satu dengan yang lainnya tetapi juga mengakui adanya persamaan dalam kepribadian dari semua orang.
     
    Murray percaya bahwa kita dibentuk oleh faktor genetik dan oleh lingkungan (sosio-kultural), dan masing-masing faktor tersebut punya pengaruh yang seimbang. Kita tidak dapat mengerti kepribadian kalau kita tidak bisa menerima efek dari dorongan fisiologis dan melalui stimuli dari keadaan fisik, sosial, dan budaya suatu lingkungan.
     
    Pandangan Murray terhadap sifat alami manusia, berdasar pada suatu keoptimisan. Ia secara lantang menyuarakan kritikannya terhadap bagian psikologi yang memandang negatif dan menggambarkan kerendahan harga diri seorang manusia. Ia berpendapat bahwa, dengan kekuatan yang besar dari kreatifitas, imaginasi, dan alasan, kita mampu mengatasi segala permasalahan yang kita hadapi.
     
    Orientasi kemanusiaan, menurut pandangan Murray, mengarah secara luas pada masa depan. Ketika ia menyadari adanya jejak dari pengalaman masa anak-anak terhadap tingkah laku sekarang, ia tidak menunjukkan keseluruhan keterpenjaraan masa lalu kita. Kompleks pada masa anak-anak dalam sistemnya dapat secara mendasar mempengaruhi perkembangan kita, tetapi kepribadian juga dipengaruhi oleh peristiwa yang terjadi sekarang ini dan aspirasi pada masa depan. Kita bisa berubah melalui rasionalisasi kita sendiri dan kemampuan kreatif, dan jika kita sebagai individu bisa berubah, secara bersama kita bisa merubah sistem sosial dimana kita tinggal.

    Stres & Koping Stres

    Sering kali kita mendengar kata stres, kita langsung merespons secara fisilogis dan mengasosiasikannya dengan penyakit. Sepertinya, kita memang tak bisa luput dari stres. Di kantor, di rumah, bahkan tak melakukan apa pun bisa menyebabkan stres. Stres merupakan respon fisiologis terhadap situasi atau stimulus yang diidentifikasikan sebagai ancamaan terhadap tubuh. Stress adalah realitas kehidupan setiap hari yang tidak dapat dihindari. Stres disebabkan oleh perubahan yang memerlukan penyesuaian (Keliat, B.A., 1999).
    Stres dapat menjangkiti siapapun, kapanpun dalam setiap kondisi dan ketika stres muncul dapat memberikan ketidaknyamanan pada fisik atau tubuh. Sebenarnya stres tak selalu negatif. Seperti tipe eustres atau positif stres yang justru menjadikan seseorang makin produktif dan kreatif dalam menyelesaikan pekerjaannya. Stres yang positif akan membantu kita menyadari ada sesuatu yang salah dan harus diperbaiki. Stres ini membantu kita melakukan perubahan dalam hidup.

    Teori Ekologi

    Teori ekologi menurut Urie Bronfrenbrenner adalah suatu pandangan sosiokultural tentang perkembangan yang mana terdiri dari lima sistem lingkungan, mulai dari masukan interaksi langsung dengan agen-agen sosial (social agents) yang berkembang baik hingga masukan kebudayaan yang berbasis luas. Menurut beliau, teori ekologi menjelaskan perkembangan anak-anak sebagai hasil interaksi antara alam sekitar dengan anak-anak tersebut. Teori Sistem ekologis disebut juga ”Pembangunan dalam Konteks”. Lima sistem dalam teori ekologi Bronfenbrenner antara lain:
    1. Mikrosistem
    Mikrosistem adalah setting dimana individu hidup, meliputi keluarga individu, teman-teman sebaya, sekolah, dan lingkungan. Dalam mikrosistem inilah interaksi yang paling langsung dengan agen-agen sosial berlangsung (misalnya dengan orangtua, teman sebaya, dan guru).
    2. Mesosistem
    Lingkungan mesosistem meliputi hubungan antara beberapa mikrosistem atau hubungan antara beberapa konteks. Contohnya: hubungan antaar pengalaman keluarga dan pengalaman sekolah, pengalaman sekolah dengan pengalaman keagamaan, dan pengalaman keluarga dengan pengalaman teman sebaya.
    3. Eksosistem
    Eksosistem dalam teori ekologi Bronfenbrenner dilibatkan ketika pengalaman-pengalaman dalam setting sosial lain, dimana individu tidak memiliki peran yang aktif, mempengaruhi apa yang individu alami dalam konteks yang dekat. Misalnya, pengalaman kerja dapat mempengaruhi hubungan seorang perempuan dengan suami dan anaknya; pemerintah pusat melalui perannya dalam kualitas perawatan kesehatan dan sistem bantuan bagi manusia lanjut usia.

    4. Makrosistem
    Makrosistem meliputi kebudayaan dimana individu hidup. Kebudayaan mengacu pada pola perilaku, keyakinan, dan semua produk lain dari sekelompok manusia yang diteruskan dari generasi ke generasi.
    5. Kronosistem
    Kronosistem meliputi pemolaan peristiwa-peristiwa lingkungan dan transisi sepanjang rangkaian kehidupan dan keadaan-keadaan sosiohistoris. Misalnya, dengan mempelajari dampak perceraian terhadap anak-anak, para peneliti menemukan bahwa dampak negatif sering memuncak pada tahun pertama setelah perceraian dan dampaknya lebih negatif bagi anak laki-laki daripada anak perempuan.
    Perkembangan teori ekologi menunjukkan adanya perhatian terhadap ketergantungan biologi dan sosiologi dalam kaitan hubungan antara manusia dengan lingkungannya, yang mana hal itu secara signifikan mempengaruhi pemikiran-pemikiran psikologi lingkungan. Dengan perkembangan teori ekologi, seseorang tidak dianggap terpisah dari lingkungannya, melainkan merupakan bagian yang integral dari lingkungannya.

    Pusat dari pemikiran para ahli teori ekologi adalah gagasan tentang kecocokan manusia dan lingkungannya. Lingkungan dirancang atau barangkali berkembang sehingga memungkinkan terjadinya perilaku tertentu. Setting perilaku menurut Roger Barker adalah evaluasi terhadap kecocokan antara lingkungan dengan perilaku yang terjadi pada konteks lingkungan tersebut. Menurutnya, tingkah laku tidak hanya ditentukan oleh lingkungan atau sebaliknya, melainkan kedua hal tersebut saling menentukan dan tidak dapat dipisah-pisahkan. Hubungan tingkah laku dengan lingkungan adalah seperti jalan dua arah (two way street) atau interdependensi ekologi.
    Suatu hal yang unik dalam teori ekologi Barker adalah adanya setting perilaku yang dipandang sebagai faktor tersendiri. Setting perilaku adalah pola tingkah laku kelompok (bukan individu) yang terjadi sebagai akibat kondisi lingkungan tertentu (physical milleu). Misalnya, jika suatu ruangan (kelas) terdapat pintu, beberapa jendela, serta dilengkapi dengan papan tulis dan meja tulis yang berhadapan dengan sejumlah bangku yang berderet, maka setting perilaku yang terjadi di ruang tersebut adalah rangkaian dari tingkah laku murid yang sedang belajar di dalam ruangan tersebut.
    Pada teori ekologi, perhatian kecil pada kontinuitas atau diskontinuias; perubahan lebih ditekankan daripada stabilitas, pandangan lingkungan yang kuat, pentingnya kognisi tidak ditekankan, menggunakan berbagai metode penelitian yang mana khusus ditekankan pada pentingnya pengumpulan data dalam konteks sosial yang berbeda.

    Pengaruh Musik Pada Anak

     
     Penelitian membuktikan bahwa musik, terutama musik klasik sangat mempengaruhi perkembangan IQ (Intelegent Quotien) dan EQ (Emotional Quotien). Seorang anak yang sejak kecil terbiasa mendengarkan musik akan lebih berkembang kecerdasan emosional dan intelegensinya dibandingkan dengan anak yang jarang mendengarkan musik. Yang dimaksud musik di sini adalah musik yang memiliki irama teratur dan nada-nada yang teratur, bukan nada-nada "miring". Tingkat kedisiplinan anak yang sering mendengarkan musik juga lebih baik dibanding dengan anak yang jarang mendengarkan musik.
     
    Grace Sudargo, seorang musisi dan pendidik mengatakan, "Dasar-dasar musik klasik secara umum berasal dari ritme denyut nadi manusia sehingga ia berperan besar dalam perkembangan otak, pembentukan jiwa, karakter, bahkan raga manusia".
     
    Penelitian menunjukkan, musik klasik yang mengandung komposisi nada berfluktuasi antara nada tinggi dan nada rendah akan merangsang kuadran C pada otak. Sampai usia 4 tahun, kuadran B dan C pada otak anak-anak akan berkembang hingga 80 % dengan musik.
     
    "Musik sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Musik memiliki 3 bagian penting yaitu beat, ritme, dan harmony", demikian kata Ev. Andreas Christanday dalam suatu ceramah musik. "Beat mempengaruhi tubuh, ritme mempengaruhi jiwa, sedangkan harmony mempengaruhi roh". Contoh paling nyata bahwa beat sangat mempengaruhi tubuh adalah dalam konser musik rock. Bisa dipastikan tidak ada penonton maupun pemain dalam konser musik rock yang tubuhnya tidak bergerak. Semuanya bergoyang dengan dahsyat, bahkan cenderung lepas kontrol. Kita masih ingat dengan "head banger", suatu gerakan memutar-mutar kepala mengikuti irama music rock yang kencang. Dan tubuh itu mengikutinya seakan tanpa rasa lelah. Jika hati kita sedang susah, cobalah mendengarkan musik yang indah, yang memiliki irama (ritme) yang teratur. Perasaan kita akan lebih enak dan enteng. Bahkan di luar negeri, pihak rumah sakit banyak memperdengarkan lagu-lagu indah untuk membantu penyembuhan para pasiennya. Itu suatu bukti, bahwa ritme sangat mempengaruhi jiwa manusia. Sedangkan harmony sangat mempengaruhi roh. Jika kita menonton film horor, selalu terdengar harmony (melodi) yang menyayat hati, yang membuat bulu kuduk kita berdiri. Dalam ritual-ritual keagamaan juga banyak digunakan harmony yang membawa roh manusia masuk ke dalam alam penyembahan. Di dalam meditasi, manusia mendengar harmony dari suara-suara alam disekelilingnya. "Musik yang baik bagi kehidupan manusia adalah musik yang seimbang antara beat, ritme, dan harmony", ujar Ev. Andreas Christanday.
     
    Seorang ahli biofisika telah melakukan suatu percobaan tentang pengaruh musik bagi kehidupan makhluk hidup. Dua tanaman dari jenis dan umur yang sama diletakkan pada tempat yang berbeda. Yang satu diletakkan dekat dengan pengeras suara (speaker) yang menyajikan lagu-lagu slow rock dan heavy rock, sedangkan tanaman yang lain diletakkan dekat dengan speaker yang memperdengarkan lagu-lagu yang indah dan berirama teratur. Dalam beberapa hari terjadi perbedaan yang sangat mencolok. Tanaman yang berada di dekat speaker lagu-lagu rock menjadi layu dan mati, sedangkan tanaman yang berada di dekat speaker lagu-lagu indah tumbuh segar dan berbunga. Suatu bukti nyata bahwa musik sangat mempengaruhi kehidupan makhluk hidup.
     
    Alam semesta tercipta dengan musik alam yang sangat indah. Gemuruh ombak di laut, deru angin di gunung, dan rintik hujan merupakan musik alam yang sangat indah. Dan sudah terbukti, bagaimana pengaruh musik alam itu bagi kehidupan manusia.
     
    Wulaningrum Wibisono, S.Psi mengatakan, "Jikalau Anda merasakan hari ini begitu berat, coba periksa lagi hidup Anda pada hari ini. Jangan-jangan Anda belum mendengarkan musik dan bernyanyi".

    Kualitas Anak Tergantung Pada Kehamilan Ibu

     
     
    Satu hal yang sangat erat kaitannya dengan tumbuh-kembang anak adalah kualitas ibu. Yang pertama menjadi perhatian adalah status gizi hamilnya. Kenyataan yang cukup memprihatinkan, dari data penelitian di Indonesia, ibu hamil yang mengalami kurang gizi kronis masih di atas 30% atau sekitar 1,5 juta.
     
    Menurut pemberitaan Media Indonesia, ibu hamil tiga bulan pertama yang menderita kekurangan zat besi mencapai 40,5-51% atau 2-2,5 juta ibu. Yang minum tablet zat besi hanya 23,4%, dan sebanyak 12,2% atau sekitar 600.000 ibu hamil tak pernah minum tablet zat besi.
     
    Tak hanya soal gizi. Corak reproduksi dan tidak teraturnya memeriksa kehamilan masih cukup besar. Corak reproduksi meliputi hamil di usia terlalu muda, hamil di usia terlalu tua, jarak kehamilan terlalu rapat atau terlalu sering hamil. Bahkan, ibu hamil yang tak pernah memeriksakan kehamilannya mencapai 1,1 juta orang.
     
    Tak heran, kalau kematian ibu hamil atau melahirkan masih terbilang tinggi. Berdasarkan catatan, 373 dari 100.000 ibu hamil meninggal atau 18.000 setiap tahun ibu hamil meninggal.
     
    Bagaimana pula dengan dampak pada bayi dan anak? Berdasarkan catatan UNICEF dan Depkes, di Indonesia ternyata bayi berusia kurang dari satu bulan meninggal setiap 10 menit, sedangkan bayi usia kurang dari satu tahun 40 bayi meninggal setiap 1.000 kelahiran setiap tahunnya. "Atau, satu bayi usia kurang dari setahun meninggal setiap tiga menit," kata dr Soedjatmiko, SpA, MD, dari Subbagian Tumbuh Kembang-Pediatri Komunitas Bagian Ilmu Kesehatan Anak, FKUI-RSCM.
     
    Sedangkan balita meninggal mencapai 56-59 per 1.000 kelahiran hidup. Jadi, setahunnya mencapai 261.000 balita meninggal setiap tahunnya. Dalam sehari meninggal 715 balita, atau 30 balita setiap jam, atau seorang balita meninggal setiap dua menit.
     
    Permasalahan perawatan bayi dan balita masih perlu menjadi perhatian. Bayi yang lahir dengan berat rendah atau kurang dari 2,5 kg jumlahnya 450.000 per tahunnya. Soal perawatan untuk bayi usia lebih dari sebulan juga masih banyak ditemukan yang belum memadai.
     
    Perawatan tali pusat bayi baru lahir saja, masih sekitar 17,7% atau 800.000 bayi masih dilakukan secara tradisional. Bahkan, sekitar 30% bayi yang lahir tak pernah dibawa ke sarana kesehatan. Makanan hari pertama setelah lahir sebanyak 17% diberi pisang, 9,35% air tajin, 3,1% air gula dan madu, sedangkan cara lainnya 9,5%.
     
    Catatan UNICEF juga mengungkapkan bayi yang mengalami gizi buruk mencapai 8% atau sekitar 1,8 juta. Status gizi buruk balita mencapai 34% atau sekitar 7 juta balita, dan status gizi kurang mencapai 26% atau 5,2 juta balita.
     
    Selain itu, masih sering ditemukan anak kekurangan vitamin A. Bahkan balita menderita anemia diperkirakan mencapai 40,5% atau sekitar 9,4 juta balita, sedangkan pada anak SD mencapai 44-70%. Balita kekurangan yodium yang cukup memengaruhi perkembangan kecerdasan masih sekitar 30 juta. Itu terkait dengan angka keluarga yang mengonsumsi garam beryodium baru 62% saja.

    Upaya Pencegahan
    Mestinya, pencegahan gangguan tumbuh-kembang bayi dan balita itu dapat dilakukan sejak dalam kandungan. Namun, itu masih terkait pula dengan kualitas bio (fisik) ibu dan kualitas psikososial secara umum.
    Kualitas bio ibu meliputi usia. "Sebaiknya menikah jangan terlalu muda, tapi juga jangan terlalu tua," ujar Soedjatmiko. Selain itu, jarak kehamilan sebaiknya antara 2-3 tahun. Jumlah anak dianjurkan dua atau tiga anak saja. Gizi ibu hamil yang menjadi asupan harus memenuhi unsur menu seimbang yang terdiri dari karbohidrat, lemak, vitamin, tablet zat besi, yodium. "Kebersihan badan dan lingkungan, pemeriksaan kehamilan secara teratur dan persiapan persalinan yang aman harus menjadi perhatian."
     
    Sedangkan kualitas psikososial yang tak boleh diabaikan terdapat beberapa hal. Pertama, umur suami atau istri sebaiknya lebih dari 20 tahun hingga tak kurang dari 35 tahun. Kedua, pernikahan juga dianjurkan yang direstui keluarga. Ketiga, kehamilan memang diinginkan istri-suami dan keluarga. Keempat, menabung untuk persalinan dan kebutuhan bayi. Kelima, suasana dalam keluarga yang gembira, saling membantu dan menghargai. Keenam, melakukan stimulasi dini dengan merangsang perkembangan janin. Selain faktor intrinsik (bawaan dan genetik), tumbuh-kembang anak juga ditentukan oleh faktor ekstrinsik (lingkungan). Itu dipengaruhi oleh masalah pendidikan dan usia pernikahan kedua orang tua, kedudukan perempuan dalam keluarga, perilaku bersih, dan sanitasi lingkungan. "Faktor ekonomi dan hambatan geografis juga berpengaruh pada tumbuh-kembang anak," ujar Soedjatmiko.
     
    Setelah itu, masalah ASI juga terkadang masih diabaikan. Ada kontradiksi di sini, di mana seorang ibu yang rendah kualitas gizinya pada kalangan bawah justru boleh dikatakan 100% memberi ASI, sementara pada ibu-ibu yang tinggal di kawasan perkotaan yang umumnya dengan kualitas gizi baik, cenderung menggantikan dengan susu formula.
     
    Padahal, seperti diungkapkan spesialis anak dr Utami Roesli, MBA, DHA atau asam lemak pada susu formula tidak bisa disamakan dengan yang terdapat pada ASI, karena berbeda dengan yang terdapat pada ASI, DHA pada susu formula tidak mudah dicerna. Terlebih lagi susu yang dikonsumsi harus dibuat dengan air panas. Padahal dengan pemanasan, enzim desaturase dan elongase yang memfasilitasi pembentukan DHA dalam tubuh secara otomatis hancur.
     
    Mengutip hasil penelitian para pakar Australia, Amerika Serikat, dan Eropa, belum berhasil membuktikan efektivitas penambahan DHA dalam produk susu maupun makanan bayi dan anak-anak bisa membuat otak cerdas. Jadi, belum merupakan anjuran.

    Mencetak Anak yang Cerdas

    Anak cerdas tentu dambaan setiap orang, sebab kecerdasan merupakan modal tak ternilai bagi si anak untuk mengarungi kehidupan di hadapannya. Beruntung kecerdasan yang baik ternyata bukan harga mati, melainkan dapat diupayakan.
     
    Dr. Bernard Devlin dari Fakultas Kedokteran Universitas Pittsburg, AS, memperkirakan faktor genetik cuma memiliki peranan sebesar 48% dalam membentuk IQ anak. Sisanya adalah faktor lingkungan, termasuk ketika si anak masih dalam kandungan.
     
    Untuk menjelaskan peran genetika dalam pembentukan IQ anak, seorang pakar lain di bidang genetika dan psikologi dari Universitas Minnesota, juga di AS, bernama Matt McGue, mencontohkan, pada keluarga kerajaan yang memiliki gen elit, keturunannya belum tentu akan memiliki gen elit. "Keluarga bangsawan yang memiliki IQ tinggi umumnya hanya sampai generasi kedua atau ketiga. Generasi berikutnya belum diketahui secara pasti, karena mungkin saja hilang, meski dapat muncul kembali pada generasi kedelapan atau berikutnya," ungkap McGue. "Orang tua yang memiliki IQ tinggi pun bukan jaminan dapat menghasilkan anak ber-IQ tinggi pula." Ini menunjukkan genetika bukan satu-satunya faktor penentu tingkat kecerdasan anak.
     
    Faktor lingkungan, dalam banyak hal, justru memberi andil besar dalam kecerdasan seorang anak. Yang dimaksud tak lain adalah upaya memberi "iklim" tumbuh kembang sebaik mungkin sejak si anak masih dalam kandungan agar kecerdasannya dapat berkembang optimal. Dengan gizi dan perawatan yang baik misalnya, si Polan bisa cerdas. Atau dengan menjaga kesehatan secara baik dan menghindari racun tubuh selagi ibunya mengandung dia, si Putri dapat memiliki intelegensia baik. Begitu pula dengan memberikan kondisi psikologis yang mendukung, angka IQ si Tole lebih tinggi dari teman sebayanya. Gizi, perawatan, dan lingkungan psikologis itulah faktor lingkungan penentu kecerdasan anak.
     
    Kisah Helen dan Gladys, sepasang bayi kembar, bisa menjadi salah satu buktinya. Pada usia 18 bulan mereka dirawat secara terpisah. Helen hidup dan dibesarkan dalam satu keluarga bahagia dengan lingkungan yang hidup dan dinamis. Sedangkan Gladys dibesarkan di daerah gersang dalam lingkungan "miskin" rangsangan intelektual. Ternyata saat dilakukan pengukuran, Helen memiliki angka IQ 116 dan berhasil meraih gelar sarjana dalam bidang Bahasa Inggris. Sebaliknya Gladys terpaksa putus sekolah lantaran sakit-sakitan dan IQ-nya 7 angka di bawah saudara kembarnya.
     
    Gizi dan Perilaku Ibu
     
    Dr. Devlin menemukan bukti bahwa keadaan dalam kandungan juga sangat berpengaruh pada pembentukan kecerdasan. "Ada otak substansial yang tumbuh dalam kandungan," jelasnya. "IQ sangat tergantung pada bobot lahir bayi. Anak kembar, rata-rata memiliki IQ 4 - 7 angka di bawah anak lahir tunggal karena umumnya bayi kembar memiliki bobot badan lebih kecil," tambahnya.
     
    Lebih dari 20 tahun terakhir berbagai penelitian juga mengungkapkan korelasi positif antara gizi, terutama pada masa pertumbuhan pesat, dengan perkembangan fungsi otak. Ini berlaku sejak anak masih berbentuk janin dalam rahim ibu. Pada janin terjadi pertumbuhan otak secara proliferatif (jumlah sel bertambah), artinya terjadi pembelahan sel yang sangat pesat. Kalau pada masa itu asupan gizi pada ibunya kurang, asupan gizi pada janin juga kurang. Akibatnya jumlah sel otak menurun, terutama cerebrum dan cerebellum, diikuti dengan penurunan jumlah protein, glikosida, lipid, dan enzim. Fungsi neurotransmiternya pun menjadi tidak normal.
     
    Dengan bertambahnya usia janin atau bayi, bertambah pula bobot otak. Ukuran lingkar kepala juga bertambah. Karena itu, untuk mengetahui perkembangan otak janin dan bayi berusia kurang dari setahun dapat dilakukan secara tidak langsung, yakni dengan mengukur lingkar kepala janin.
     
    Begitu lahir pun, faktor gizi masih tetap berpengaruh terhadap otak bayi. Jika kekurangan gizi terjadi sebelum usia 8 bulan, tidak cuma jumlah sel yang berkurang, ukuran sel juga mengecil. Saat itu sebenarnya terjadi pertumbuhan hipertropik, yakni pertambahan besar ukuran sel. Penelitian menunjukkan, bayi yang menderita kekurangan kalori protein (KKP) berat memiliki bobot otak 15 - 20% lebih ringan dibandingkan dengan bayi normal. Defisitnya bahkan bisa mencapai 40% bila KKP berlangsung sejak berwujud janin. Karena itu, anak-anak penderita KKP umumnya memiliki nilai IQ rendah. Kemampuan abstraktif, verbal, dan mengingat mereka lebih rendah daripada anak yang mendapatkan gizi baik.
     
    Asupan zat besi (Fe) juga diduga erat kaitannya dengan kemampuan intelektual. Untuk membuktikannya, Politt melakukan penelitian terhadap 46 anak berusia 3 - 5 tahun. Hasilnya menunjukkan, anak dengan defisiensi zat besi ternyata memiliki kemampuan mengingat dan memusatkan perhatian lebih rendah. Penelitian Sulzer dkk. juga menunjukkan anak menderita anemia (kurang darah akibat defisiensi zat besi) mempunyai nilai lebih rendah dalam uji IQ dan kemampuan belajar.
     
    Maka atas dasar hasil penelitian tadi, kita bisa mengatur makanan anak sejak janin. Ketika anak masih dalam kandungan, si ibu mesti makan untuk kebutuhan berdua dengan gizi yang baik. Perilakunya juga mesti dijaga agar tidak memberi pengaruh buruk terhadap janin. Pasalnya, perilaku "buruk" ibu hamil, merokok misalnya, ternyata juga menjadikan IQ anak rendah.
     
    Penelitian David L. Olds et. al. (1994) dari Departement of Pediatrics, University of Colorado di Denver, AS, menunjukkan bayi-bayi yang lahir dari ibu perokok memiliki faktor potensial ber-IQ rendah, seperti bobot lahir rendah, lingkar kepala lebih kecil, lahir prematur, dan perawatan saat di ICU lebih lama dibandingkan dengan bayi dari ibu tidak merokok selama hamil. Anak dari ibu perokok selama hamil pada usia 12 - 24 bulan memiliki nilai IQ 2,59 angka lebih rendah, pada 36 - 48 bulan memiliki nilai IQ 4,35 angka lebih rendah ketimbang IQ anak dari ibu tidak merokok saat hamil.
     
    Menurut David, asap rokok diduga akan mengurangi pasokan oksigen yang sangat diperlukan dalam proses pertumbuhan sistem syaraf janin. Nikotin rokok akan membuat saluran utero-plasental menyempit. Akibatnya, sel-sel otak bayi akan menderita hypoxia atau kekurangan oksigen. Asap rokok juga akan memicu terjadinya proses carboxy hemoglobin, yaitu sel-sel darah yang semestinya mengikat oksigen malah mengikat CO dari asap rokok. Selain itu, asap rokok juga mengandung sekitar 2.000 - 4.000 senyawa kimia beracun yang secara langsung mengganggu dan merusak berbagai proses tumbuh kembang sel-sel dan sistem syaraf.
     
    Merokok selama hamil juga berpengaruh pada kekurangan zat gizi yang diperlukan dalam proses tumbuh kembang sel otak. Misalnya, kebutuhan zat besi akan meningkat karena harus memenuhi keperluan pembentukan sel-sel darah yang banyak mengalami kerusakan. Hal ini akan mengurangi kemampuan dan persediaan zat gizi lainnya, seperti vit. B-12 dan C, asam folat, seng (Zn), dan asam amino. Zat-zat gizi tsb. dilaporkan sangat diperlukan dalam proses tumbuh kembang sel-sel otak janin. Jika terjadi kekurangan zat-zat gizi esensial, proses tumbuh kembang otak tidak optimal, sehingga nilai IQ pun menjadi lebih rendah.
     
    Setelah lahir, asupan gizi bagi bayi juga harus dijaga tetap baik. Idealnya, anak mendapatkan ASI secara eksklusif sampai usia 4 - 6 bulan. Jenis makanan, selain ASI, untuk bayi dan anak balita sebaiknya dibuat dari bahan makanan pokok (nasi, roti, kentang, dll.), lauk pauk, bebuahan, air minum, dan susu sebagai sumber protein dan energi. Jangan lupa, bahan makanan harus diolah sesuai tahap perkembangan dari lumat, lembek, selanjutnya padat. Secara keseluruhan asupan makanan sehari harus mengandung 10 - 15% kalori dari protein, 20 - 35 % dari lemak, dan 40 - 60% dari karbohidrat.
     
    Menu seimbang diberikan sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan. Sejak awal balita, jika memungkinkan, anak diberi susu sebanyak 500 ml. Namun, jika ASI cukup, susu pengganti tidak perlu diberikan hingga usia dua tahun.
     
    Perhatian juga mesti diberikan terhadap jadwal pemberian makanan. Makan besar tiga kali (sarapan, makan siang, dan malam), makan selingan (makan kecil) dua kali yang diberikan di antara dua waktu makan besar, air minum diberikan setelah makan dan ketika anak merasa haus, serta susu diberikan dua kali, yakni pagi dan menjelang tidur malam.
     
    Untuk mengetahui kecukupan gizi pada anak ada dua cara yang bisa digunakan. Pertama cara subjektif, yakni mengamati respon anak terhadap pemberian makanan. Makanan dinilai cukup jika anak tampak puas, tidur nyenyak, aktifitas baik, lincah, dan gembira. Anak cukup gizi biasanya tidak pucat, tidak lembek, dan tidak ada tanda-tanda gangguan kesehatan.
     
    Cara kedua adalah dengan pemantauan pertumbuhan secara berkala. Cara ini dilakukan dengan mengukur bobot dan tinggi anak, dilengkapi dengan mengukur lingkar kepala pada anak sampai usia 3 tahun. Hasil pengukuran dibandingkan dengan data baku untuk anak sebaya. Jika ditemukan tanda-tanda kurang sehat, seperti pucat atau rambut tipis dan kemerahan, anak perlu diperiksa secara medis. Ada baiknya juga dilakukan pemeriksaan psikologis, terutama bila ada kemunduran prestasi belajar
     
    Tempat Tinggal dan Cerita
     
    Selain faktor gizi dan perawatan, apa yang dilihat, didengar, dan dipelajari anak, sejak dalam kandungan sampai usia lima tahun, sangat menentukan intelegensia dasar untuk masa dewasanya kelak. Setelah usianya melewati lima tahun, secara potensial IQ-nya telah tetap. Dengan begitu, masa itulah merupakan "kesempatan emas" bagi kita untuk memacu tingkat kecerdasan anak.
     
    Menurut Jean Piaget, psikolog dari Swis, semakin banyak hal baru yang dilihat dan didengar, si anak akan semakin ingin melihat dan mendengar segala sesuatu yang ada dan terjadi di lingkungannya. Karenanya disarankan agar orang tua memperkaya lingkungan tempat tinggal (kamar tidur atau kamar bermain) bayi dengan warna dan bunyi-bunyian yang merangsang. Umpamanya, gambar-gambar binatang atau bunga, musik, kicauan burung, dsb. Semuanya mesti tidak menimbulkan ketakutan dan kegaduhan pada anak.
     
    Para pakar juga yakin lingkungan verbal bagi anak juga tak kalah pentingnya. Bahasa yang didengarkan anak bisa meningkatkan atau menghambat kemampuan dasar berpikirnya. Penelitian hal ini dilakukan psikolog Rusia. Ia membayar para ibu keluarga miskin untuk membacakan cerita dengan suara keras untuk bayi mereka masing-masing selama 15 - 20 menit setiap hari. Menjelang berusia 1,5 tahun, bayi menjalani pengukuran. Hasilnya, bayi-bayi itu memiliki kemampuan berbahasa yang lebih baik ketimbang bayi-bayi seusianya di daerah yang sama.
     
    Penelitian lain dilakukan di sebuah sekolah perawat di New York, AS, terhadap dua kelompok anak usia tiga tahun. Masing-masing anak diperlakukan secara berbeda. Kelompok pertama diberi pelajaran berbahasa selama 15 menit setiap hari. Kelompok kedua diberi perhatian khusus juga selama 15 menit tanpa pelajaran bahasa. Setelah 4 bulan ternyata kelompok pertama mendapatkan kenaikan intelegensia rata-rata sebesar 14 angka. Sedangkan kelompok kedua kenaikan rata-ratanya cuma 2 angka.
     
    Nah, untuk mendapatkan anak cerdas ternyata gampang. Cuma dengan memberi makanan sehat, perawatan baik, dan lingkungan psikologis yang mendukung sejak dalam kandung hingga usia lima tahun, besar kemungkinan harapan kita akan tercapai.

    software PC

     

    Autorun Virus Remover - dari namanya aja kita dah bakal tahu, kalo software ini dibuat untuk memproteksi PC/laptop dari virus autorun dan trojang yang dibawa via USB..... kalo software ini sudah diinstall, maka  semua virus yang berupa autorun ataupun trojan akan langsung di blokir dan dihilangkan, kinerja software ini sangat mudah ko dan ga ribet2 amat..... kalo mau dapetin software ini cukup mampir mampir ke sini atau ke sini gampang dan praktis lah dan satu lagi buat yang make windows 7 dan linung ga bisa gunain software ini...... selamat mencoba,,,,,,, uhuy.
    password : www.downloadbox.org


    Perkembangan Psikososial pada masa kanak-kanak awal

    Perkembangan Psikososial pada masa kanak-kanak awal dibagi dalam tiga hal, yaitu:

    A.    Perkembangan Hubungan dengan Orang Tua
    Selama tahun-tahun prasekolah, hubungan dengan orang tua atau pengasuhnya merupakan dasar bagi perkembangan emosional dan sosial anak. Salah satu aspek penting dalam hubungan orang tua dan anak adalah gaya pengasuhan yang diterapkan oleh orang tua. Ada tiga tipe pengasuhan yang dikaitkan dengan aspek-aspek yang berbeda dalam tingkah laku sosial anak, yaitu otoritatif, otoriter, dan permasif.
    Pengasuhan otoritatif adalah salah satu gaya pengasuhan yang memperlihatkan pengawasan ekstra ketat terhadap tingkah laku anak-anak, tetapi mereka juga bersikap responsif, menghargai dan menghormati pemikiran, perasaan, serta mengikutsertakan anak dalam pengambilan keputusan. Anak-anak yang berada pada pola pengasuhan yang seperti ini cenderung lebih percaya pada diri sendiri, dan mampu bergaul baik dengan teman-teman sebayanya. Pengasuhan ini juga diasosiasikan dengan rasa harga diri yang tinggi, memiliki moral standar, kematangan psikososial, kemandirian, sukses dalam belajar, dan bertanggung jawab secara sosial.

    Perkembangan Kognitif Masa Kanak-Kanak Awal

    Seiring dengan meningkatkan kemampuan anak untuk mengeksplorasi lingkungan, karena bertambah besarnya koordinasi dan pengendalian motorik yang disertai dengan meningkatnya kemampuan untuk bertanya dengan menggunakan kata-kata yang dapat dimengerti dengan orang lain, maka dunia kognitif anak berkembang dengan pesat, makin kreatif, bebas, dan imajinatif. Imajinasi anakanak prasekolah terus bekerja dan daya serap mentalnya tentang dunia semakin meningkat. Peningkatan pengertian anak tentang orang, benda dan situasi baru diasosiasikan dengan arti-arti yang telah dipelajari selama masa bayi.

    Sabtu, 06 Februari 2010

    Perkembangan Fisik Masa Kanak-Kanak Awal

    Selama masa kanak-kanak awal, pertumbuhan fisik berlangsung lambat dibandingkan dengan tingkat pertumbuhan selama masa bayi. Meskipun selama masa kanak-kanak pertumbuhan fisik mengalami perlambatan, namun ketrampilan-ketrampilan motorik kasar dan motorik halus berkembang dengan pesat. 

    A.    Tinggi & Berat
    Selama masa kanak-kanak awal, tinggi rata-rata anak bertumbuh 2,5 inci dan berat bertambah antara 2,5 hingga 3,5 kg setiap tahunnya. Pada usia 3 tahun, tinggi anak sekitar 38 inci dan beratnay sekitar 16,5 kg. Pada usia 5 tahun, tinggi anak mencapai 43,6 inci dan beratnya 21,5 kg. Ketika anak usia pra sekolah bertumbuh semakin besar, persentase pertumbuhan dalam tinggi dan berat berkurang setiap tahun. Selama masa ini baik laki-laki maupun perempuan terlihat makin langsing, sementara batang tubuh mereka makin panjang.


    Perkembangan Kanak-Kanak Awal


    Manusia senantiasa mengalami perubahan sepanjang hidupnya. Pengalaman di masa kecil akan mempengaruhi proses-proses dalam kehidupan selanjutnya. Perubahan inilah yang disebut dengan perkembangan, yaitu pola perubahan yang dimulai dari masa pembuahan (konsepsi) dan berlangsung secara terus menerus selama kehidupan seseorang.
    Perkembangan itu dapat diklasifikasikan berdasarkan karakteristik yang khas pada setiap periode kehidupan, yaitu masa prenatal, bayi, kanak-kanak awal, kanak-kanak madya dan akhir, remaja, dewasa awal, dewasa madya, serta dewasa akhir. Berbagai proses yang cukup kompleks mendasari perubahan tersebut. Paling tidak ada tiga area perubahan dalam diri seorang individu, yaitu area biologis, kognitif, dan sosioemosional.
    Psikologi perkembangan anak akan berfokus pada proses-proses perubahan biologis, kognitif, dan sosioemosional yang terjadi pada seorang anak. Kategori masa kanak-kanak itu sendiri biasanya diklasifikasikan dalam dua masa, yaitu masa kanak-kanak awal (2 – 6 tahun) serta masa kanak-kanak madya dan akhir (6 – 11 tahun). Pada masa-masa ini, perubahan yang terjadi pada ketiga area di atas berlangsung relatif cepat dan menonjol. Informasi tentang perkembangan yang terjadi pada anak-anak akan membawa implikasi pada cara pengajaran dan pendidikan mereka. Orangtua dan guru, sebagai bagian dari lingkungan sosial anak, dapat menjadi lebih peka dalam berinteraksi dengan anak serta mampu menstimulasi dan memotivasi perilaku-perilaku positif anak yang sesuai dengan perkembangannnya.

    Konflik dalam hubungan



    Konflik merupakan suatu proses yang terjadi bila perilaku seseorang terhambat karena perilaku orang lain. Konflik biasa terjadi dalam suatu hubungan yang erat. Konflik akn semakin mudah tercipta jika interdpendensi suatu hubungan meningkat. bila interaksi menjadi semakin kerap muncul dan melibatkan berbagai kegiatan dan hal-hal yang semakin luas, maka peluang munculnya ketidakserasian/ketidaksesuaian akan semakin besar. Briker & Kelley (1979) menemukan, bahwa pada umumnya konflik jarang muncul dalam hubungan kencan yang masih awal, dan menunjukkan suatu peningkatan yang mencolok ketika hubungan kencan semakin serius.

    rapidshare


    biasanya kalo kita donlot di rapidshare, kita ga bisa donlot file apapun sebelum file yang pertama selesai dan yang jelas hal ini akan buat bete coz kita ga bisa donlot semau kita... teng ja semua masalah ada solusinya ko,,kalian bisa donlot di rapidshare sepuanya ,,, no limit,, caranya gampang bro tinggal unduh di sini ja

    youtube get started


    cara gampang buat loe loe yang suka donlot film, musik, vidio klip, and anythings else di youtube untuk mengunduhnya, cukup instal aplikasi ini ja lagi pula aplikasi ini gratis ko,,,,,, setelah mendownload videonya  akan otomatis mengkonversikan flv file ke mp4, 3gp, avi, wmv, mov dan lain-lain. dan bisa loe liat langsung di mp4 atau hape loe. kalo mau donlot di sini nih 
     

    share apa ja lah

     
    aplikasi ni buat jaga-jaga biar anak2 yang buka internet ga bisa buka situs-situs yang berpau porno, aplikasi ini bagus banget bagi mereka yang perihatin dengan kondisi kejiwaan n mental seorang anak. kalo mau donlot ya tinggal di clik deh 
    silahkan di jajal ya

     

    kalo yang atu ni buar mereka yang peng browsing musik2 asik ya seharusnya punya aplikasi ini gampanglah cara makenya. aplikasi ini bisa cari musik jadul ampe yang terbaru bisa sampai 100 juta laguan deh. yang lebih enaknya nih cara make aplikasi ini ga riber. tinggal search lalu donlot deh, simpel kan????
    kalo mau donlot disini trus kalo ga bisa juga ya disini n kalo ga bisa juga ya dimari dah dah donlot ja dah....

     
    ni caranya buat browser music.........................................

    HUBUNGAN


    Perkenalan merupakan suatu proses awal dari suatu hubungan. Intensitas pertemuan yang menjadi penentu dalam suatu hubungan. Berawal dari tidak saling mengerti antarpribadi menjadi saling mengerti. Komunikasi menjadi hal terpenting dalam menjalin suatu hubungan.

    Hubungan merupakan suatu proses keterkaitan atau ketergantungan seseorang terhadap orang lain, baik dalam hal yang biasa seperti pertemanan dan persahabatan, bahkan bisa menjadi lebih dekat seperti hubungan dekat (kencan) atau hubungan pernikahan (suami & isteri).

    Dalam suatu hubungan memungkinkan terjadinya suatu kesalahan dalam komunikasi yang akan menyebabkan terjadinya suatu konflik. Hal ini biasa terjadi, jika salah satu isi pesan dari komunikasi yang mereka sampaikan tidak dapat diterima dengan baik atau terjadi salah persepsi diantara salah satu komunikan, atau terjadinya penyimpangan dalam suatu hubungan yang dapat menyebabkan hancurnya suatu hubungan.

    Ngobrol bo...


    ShoutMix chat widget